Personel Satuan Samapta Gelar Patroli Cipta Kondisi, Arahkan Warga Pahami Konsep Kamtibmas Demi Wujudkan Stabilitas Kamtibmas

 

Polres Maluku Barat Daya – Sebagai upaya Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat sebagai prioritas utama Polri dalam mewujudkan implementasi Program Polri Presisi 2023, Polri berupaya untuk mewujudkan Stabilitas Kamtibmas yang aman dan kondusif serta mencegah dan menangkal segala bentuk kerawanan yang dapat mempengaruhi kondusifitas kamtibmas.

Terkait hal tersebut Personel Patroli Satuan Samapta Polres Maluku Barat Daya menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) melalui Patroli Ranmor roda dua guna memantau aktifitas warga serta menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas di Kota Tiakur dan sekitarnya.

Kegiatan Patroli kali ini dipimpin oleh Bripda Almendo Latuihamallo bersama 4 rekannya mengendarai Ranmor Patroli roda dua sebanyak 5 unit memantau aktifitas warga pada beberapa tempat diantaranya Bank BRI Unit Tiakur, Kantor KPUB MBD, Gudang Logistik dan Pasar Rakyat Tiakur guna mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan sekitarnya pukul 10.00 wit pada Rabu pagi (29/11/2023).

Saat Tim Patroli berpatroli tiba di kompleks Pasar Rakyat Tikaur didapati ada warga yang sedang bermain kartu yoker, warga diingatkan untuk tidak terlibat dalam permainan judi serta diminta untuk bersinergi dengan aparat Kepolisian dalam menjaga kamtibmas dan menjauhi segala bentuk pelanggaran hukum yang dapat mempengaruhi stabilitas kamtibmas yang pada akhirnya berhadapan dengan hukum.

Kapolres Maluku Barat Daya AKBP Pulung Wietono, S.I.K melalui Kasi Humas Ipda Wempi R. Paunno mengatakan, Pelaksanaan tugas patroli oleh personel Satuan Samapta adalah merupakan suatu bentuk kegiatan pemeliharaan Kamtibmas yang wajib dilaksanakan oleh Polri sebagai upaya untuk memelihara kondusifitas kamtibmas.

“ Sesuai penegasan Pimpinan dengan memperhatikan situasi perkembangan Kamtibmas, Personel Polri dituntut untuk selalu hadir setiap hari guna memantau kegiatan masyarakat serta menangkal segala bentuk kerawanan yang dapat berpotensi pada terganggunya stabilitas kamtibmas, dengan hadirnya polisi maka warga akan merasa terayomi dan terlayani serta semakin mempererat hubungan masyarakat dengan Polri. “ ujar Kasi Humas.

Lebih lanjut Kasi Humas menambahkan, Kegiatan patroli yang dilakukan oleh personel Satuan Samapta pada hakekatnya disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang menghendaki hadirnya anggota Polri ditengah-tengah masyarakat sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat untuk memberikan rasa aman dan tenteram kepada masyarakat.

“ Guna terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif diperlukan peran serta personel Polri dalam mendekatkan diri kepada masyarakat sekaligus memberikan pemahaman tentang konsep kamtibmas yang nyata sehingga masyarakat dapat memahaminya yang pada akhirnya kondusifitas kamtibmas dapat terwujud sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan Polri kepada masyarakat. “ tutup Kasi Humas.

Related posts